RENCANA PROGRAM PENGAJARAN (RPP) MATA KULIAH STUDI ISLAM PROGRAM STRATA 1 (S1) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN (FITK) UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
I.Umum
II.Deskripsi Mata Kuliah Bahasan utama maka kuliah ini adalah: 1)pengertian Islam; 2)sumber-sumber ajaran Islam; 3)Prinsip-prinsip ajaran Islam; 4)Visi, misi, tujuan dan sasaran ajaran Islam; 5)karakteristik ajaran Islam; 6)pokok-pokok ajaran Islam; 7)ilmu-ilmu al-Qur’an, 8)Ilmu-ilmu hadis; 9)aspek ajaran Islam tentang Kalam (Teologi); 10)Aspek ajaran Islam tentang Fiqh; 11)Aspek ajaran Islam tentang filsafat Islam; 12)Aspek ajaran Islam tentang tasawuf; 13)Aspek ajaran Islam tentang sejarah dan peradaban Islam; 14)Aspek ajaran Islam tentang Pendidikan; 15)Aspek ajaran Islam tentang dakwah, 16)Konsepsi Islam tentang ilmu pengetahuan (sains) dan teknologi; (17)Konsepsi Islam tentang Ilmu Kedokteran; (18)Konsepsi Islam tentang Ilmu Ekonomi; (19)Konsepsi Islam tentang Ilmu Sosial dan Politik; (20)Konsepsi Islam tentang Ilmu Psikologi; (21)Dinamika Pemikiran Islam; (22) Pembaharuan dalam Islam; (23)Cara menyikapi perbedaan pendapat menurut Islam, (24)Kajian Islam di Barat, (25)Islam dan Isu-isu Kontemporer I (Demokrasi dan Toleransi), dan (26)Islam dan Isu-isu Kontemporer (Hak-hak Asasi Manusia dan Multikultural).
III.Tujuan Perkuliahan: Agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mendalam, komprehensif dan holistik tentang materi pengantar studi Islam serta mampu menganalisanya secara kritis dan obyektif serta menarik kesimpulan secara utuh dan mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya serta menerapkannya sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan Indonesia.
IV.Materi Perkuliahan: 1. Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup dan Metode Mempelajar Ajaran Islam. 2. Sumber-sumber Ajaran Islam dan Penjelasannya. 3. Prinsip-prinsip Ajaran Islam disertai dalil al-Qur’an dan al-Sunnah serta Contohnya. 4. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Ajaran Islam. 5. Karakteristik Ajaran Islam. 6. Pokok-pokok Ajaran Islam dengan Contoh dan Dalilnya. 7. Ilmu-ilmu Al-Qur’an. 8. Ilmu-ilmu Hadis. 9. Aspek ajaran Islam tentang Akidah (Ilmu Kalam) 10. Aspek ajaran Islam tentang Fiqh (Hukum Islam). 11. Aspek ajaran Islam tentang filsafat. 12. Aspek ajaran Islam tentang Tasawuf. 13. Aspek ajaran Islam tentang Sejarah dan Peradaban. 14. Konsepsi Islam tentang Ilmu Pendidikan 15. Konsepsi Islam tentang Dakwah 16. Konsepsi Islam tentang Ilmu Pengetahuan (Sains) dan Teknologi. 17. Konsepsi Islam tentang Ilmu Kedokteran dan Farmakologi. 18. Konsepsi Islam tentang Ilmu Ekonomi. 19. Konsepsi Islam tentang Ilmu Sosial dan Politik. 20. Konsepsi Islam tengtang Ilmu Psikologi. 21. Dinamika Pemikiran Islam di Indonesia. 22. Menyikapi Perbedaan Pendapat dalam Islam. 23. Kajian Islam di Barat. 24. Aspek Pembaharuan dalam Islam 25. Islam dan tantangan Era Globalisasi 26. Islam dan Isu-isu Kontemporer I (Demokrasi dan Toleransi) 27. Islam dan Isu-isu Kontempoer II (Hak-hak Asasi Manusia dan Multikultural)
V.Pendekatan dan Metode: Pendekatan yang digunakan adalah pendekatann belajar orang dewasa dengan berdasarkan pada asumsi, bahwa peserta didik telah memiliki bekal pengetahuan dasar yang memadai untuk didorong dengan kemampuan dan kreatifitasnya sendiri mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Dengan demikian pendekatan pembelajaran berbasis pada perpaduan antara ceramah, diskusi, penugasan, pembelajaran berbasis pada perpaduan antara ceramah, diskusi, penugasan, pelaporan, dengan memberikan peran dan peluang yang lebih besar kepada mahasiswa. Berdasarkan pada pendekatan tersebut, strategi yang ditempuh sebagai berikut. 1. Perkuliahan perdana dengan metode ceramah, tanya jawab dan dialog, dipergunakan untuk memberikan orientasi dan kontrak perkuliahan yang hendak dilakukan bersama (dosen dan mahasiswa). 2. Pertemuan kedua dan seterusnya sampai akhir perkuliahan, metode yang digunakan adalah diskusi, seminar, tanya jawab dan penugasan. 3. Setiap mahasiswa diwajibkan membuat makalah dan mempresentasikannya dalam bentuk power point baik secara individual maupun kolektif untuk didikskusikan setiap kali pertemuan.
Degan demikian, mahasiswa tidak hanya aktif dalam forum perkuliahan, melainkan juga dibiasakan untuk mempersiapan diri sedini mungkin mempersiapkan makalah pada setiap kali pertemuan.
VI.Kriteria Penilaian Penilaian akan dilakukan dengan menggunakan kriteria sebagai berikut.
Dalam menentukan nilai akhir akan digunakan pembobotan sebagai berikut:
VII.Buku Sumber
Ahmad, Ziauddin, Influence of Islam on World Civilization, (Delhi:Adam Publisher & Distributor, 1996), cet. I.
Ahmed, Akbar, Discovery Islam Sense of Muslim History and Society, (London & New Yorks, 2003), cet. I.
Ali, Syed Ameer, Api Islam (terj.) The Spirit of Islam, (Jakarta:Pembangunan, 1956), cet. I.
Ali, H.A. Mukti, Memahami Beberapa Aspek Ajaran Islam, (Bandung:Mizan, 1416 /1996), cet. III.
Ali, Maulana Muhamma, Islamologi (Dienul Islam), (Jakarta:Van Hoeve, 1978), cet. I.
Arifin, Jaenal, dkk., Kajian Islam Multidisipliner, (Jakara:UIN Jakarta Press, 2009).
Amin, Ahmad, Fajar Islam: Mengupas Perkembangan Pikiran di Kalangan Umat Islam Sejak Masa Nabi Muhammad SAW sampai Akhir Masa Umayya, (Cirebon:IAIN Cirebon, 1967).
Azra, Azyumardi, Islam Substantif:Agar Umat Islam Tidak Menjadi Buih, (Bandung:Mizan, 1421 H./2000), cet. I.
-------, Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII, (Bandung:Mizan, 1995), cet. III.
------, Islam in The Indonesian World An Account of Institutional Formation, (Bandung:Mizan, 1995), cet. III.
------, Islam Nusantara, (Bandung:Mizan, 1423 H./2002 M.).
Bahesty, Muhammad Husaini, Intisari Islam:Kajian Komprehensif tentang Hikmah Ajaran Islam, (Jakarta:Lentera, 1424 H./2003 M.), cet. I. Esposito, John L., Islam the Straight Path, (Islam Jalan Lurus), (Jakarta:Paramadina, 2004), cet. I.
Fuaduddin & Cik Hasan Basri (ed.), Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi Wacana tentang Pendidikan Agama Islam, (Jakarta:Logos Wacana Ilmu, 1420 H./1999 M.), cet. I.
Hawa, Said, Islam, (terj.) Abdul Hayyie al-Kattani, dari judul asli al-Islam, (Jakarta:Gema Insani, 1414 H./1993 M.).
Hamid, Syamsul Rijal, Buku Pintar Agama Islam, (Bogor:Salam, 1424 H./2003), cet. XIII.
Hamka, Pelajaran Agama Islam, (Jakarta:Bulan Bintang, 1978), cet. VI.
Hanafi, Theology Islam, (Imu Kalam), (Jakarta:Bulan Bintang, 1986), cet. VI.
Nasution, Harun, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya Jilid I dan II, (Jakarta:UI Press, 1979).
Nata, Abuddin, Metodologi Studi Islam, (Jakarta:RajaGrafindo Persada, 2003), cet. VIII.
-----------, Studi Islam Komprehensif (Bahan Kajian Keislaman untuk Perguruan Tinggi Agama dan Umum, (Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011).
------------,Al-Qur’an dan Hadis, (Dirasat Islamiyah I), (Jakarta:RajaGrafindo Persada, 1996), cet. V.
-----------, Integrasi Ilmu-ilmu Agama dan Ilmu Umum, (Jakarta:UIN Jakarta Press, 2003), cet. I.
-----------, Peta Keragaman Pemikiran Islam di Indonesia, (Jakarta:RajaGrafindo Persada, 2005), cet. I.
Pulungan, J. Suyuthi, Universalisme Islam, (Jakarta:Moyo Segoro Agung, 2002), cet. I.
Razak, Nasruddin, Dienul Islam, (Bandung:Al-Ma’arif, 1977), cet. I.
Renard, John, Windows on The House of Islam:Muslim Source on Spirituality and The Religious Life, (Berkeley, Los Angeles, London: University of California Press, 1998).
----------, Seven Doors to Islam: Spirituality and The Religious Life of Muslim, (Berkeley, Los Angeles, London:University of California Press, 1996).
Stoddard, L., Dunia Baru Islam, (Jakarta:Pustaka Penerbitan, 1996), cet. I.
Syihab, M. Quraish. Membumikan Al-Qur’an Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, (Bandung:Mizan, 1996), cet. XII. ----------, Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat, (Bandung:Mizan, 1996), cet. III.
Syaltout, Al-Islam Aqidah wa Syari’ah, (Mesir: Dar al-Ma’arif, 1986), cet.I
----------, Min Taujihat al-Islam, (Mesir: Dar al-Ma’arif, 1986), cet. I.
Jakarta, 28 Agustus, 2018
Prof. Dr.H. Abuddin Nata, M NIP. 195408021985031002
RENCANA PROGRAM PENGAJARAN (RPP) MATA KULIAH STUDI ISLAM PROGRAM STRATA 1 (S1) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN (FITK) UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
I.Umum
II.Deskripsi Mata Kuliah Bahasan utama maka kuliah ini adalah: 1)pengertian Islam; 2)sumber-sumber ajaran Islam; 3)Prinsip-prinsip ajaran Islam; 4)Visi, misi, tujuan dan sasaran ajaran Islam; 5)karakteristik ajaran Islam; 6)pokok-pokok ajaran Islam; 7)ilmu-ilmu al-Qur’an, 8)Ilmu-ilmu hadis; 9)aspek ajaran Islam tentang Kalam (Teologi); 10)Aspek ajaran Islam tentang Fiqh; 11)Aspek ajaran Islam tentang filsafat Islam; 12)Aspek ajaran Islam tentang tasawuf; 13)Aspek ajaran Islam tentang sejarah dan peradaban Islam; 14)Aspek ajaran Islam tentang Pendidikan; 15)Aspek ajaran Islam tentang dakwah, 16)Konsepsi Islam tentang ilmu pengetahuan (sains) dan teknologi; (17)Konsepsi Islam tentang Ilmu Kedokteran; (18)Konsepsi Islam tentang Ilmu Ekonomi; (19)Konsepsi Islam tentang Ilmu Sosial dan Politik; (20)Konsepsi Islam tentang Ilmu Psikologi; (21)Dinamika Pemikiran Islam; (22) Pembaharuan dalam Islam; (23)Cara menyikapi perbedaan pendapat menurut Islam, (24)Kajian Islam di Barat, (25)Islam dan Isu-isu Kontemporer I (Demokrasi dan Toleransi), dan (26)Islam dan Isu-isu Kontemporer (Hak-hak Asasi Manusia dan Multikultural).
III.Tujuan Perkuliahan: Agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mendalam, komprehensif dan holistik tentang materi pengantar studi Islam serta mampu menganalisanya secara kritis dan obyektif serta menarik kesimpulan secara utuh dan mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya serta menerapkannya sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan Indonesia.
IV.Materi Perkuliahan: 1. Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup dan Metode Mempelajar Ajaran Islam. 2. Sumber-sumber Ajaran Islam dan Penjelasannya. 3. Prinsip-prinsip Ajaran Islam disertai dalil al-Qur’an dan al-Sunnah serta Contohnya. 4. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Ajaran Islam. 5. Karakteristik Ajaran Islam. 6. Pokok-pokok Ajaran Islam dengan Contoh dan Dalilnya. 7. Ilmu-ilmu Al-Qur’an. 8. Ilmu-ilmu Hadis. 9. Aspek ajaran Islam tentang Akidah (Ilmu Kalam) 10. Aspek ajaran Islam tentang Fiqh (Hukum Islam). 11. Aspek ajaran Islam tentang filsafat. 12. Aspek ajaran Islam tentang Tasawuf. 13. Aspek ajaran Islam tentang Sejarah dan Peradaban.
V.Pendekatan dan Metode: Pendekatan yang digunakan adalah pendekatann belajar orang dewasa dengan berdasarkan pada asumsi, bahwa peserta didik telah memiliki bekal pengetahuan dasar yang memadai untuk didorong dengan kemampuan dan kreatifitasnya sendiri mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Dengan demikian pendekatan pembelajaran berbasis pada perpaduan antara ceramah, diskusi, penugasan, pembelajaran berbasis pada perpaduan antara ceramah, diskusi, penugasan, pelaporan, dengan memberikan peran dan peluang yang lebih besar kepada mahasiswa. Berdasarkan pada pendekatan tersebut, strategi yang ditempuh sebagai berikut. 13. Perkuliahan perdana dengan metode ceramah, tanya jawab dan dialog, dipergunakan untuk memberikan orientasi dan kontrak perkuliahan yang hendak dilakukan bersama (dosen dan mahasiswa). 14. Pertemuan kedua dan seterusnya sampai akhir perkuliahan, metode yang digunakan adalah diskusi, seminar, tanya jawab dan penugasan. 15. Setiap mahasiswa diwajibkan membuat makalah dan mempresentasikannya dalam bentuk power point baik secara individual maupun kolektif untuk didikskusikan setiap kali pertemuan.
Degan demikian, mahasiswa tidak hanya aktif dalam forum perkuliahan, melainkan juga dibiasakan untuk mempersiapan diri sedini mungkin mempersiapkan makalah pada setiap kali pertemuan.
VI.Kriteria Penilaian Penilaian akan dilakukan dengan menggunakan kriteria sebagai berikut.
Dalam menentukan nilai akhir akan digunakan pembobotan sebagai berikut:
VII.Buku Sumber
Ahmad, Ziauddin, Influence of Islam on World Civilization, (Delhi:Adam Publisher & Distributor, 1996), cet. I.
Ahmed, Akbar, Discovery Islam Sense of Muslim History and Society, (London & New Yorks, 2003), cet. I.
Ali, Syed Ameer, Api Islam (terj.) The Spirit of Islam, (Jakarta:Pembangunan, 1956), cet. I.
Ali, H.A. Mukti, Memahami Beberapa Aspek Ajaran Islam, (Bandung:Mizan, 1416 /1996), cet. III.
Ali, Maulana Muhamma, Islamologi (Dienul Islam), (Jakarta:Van Hoeve, 1978), cet. I.
Arifin, Jaenal, dkk., Kajian Islam Multidisipliner, (Jakara:UIN Jakarta Press, 2009).
Amin, Ahmad, Fajar Islam: Mengupas Perkembangan Pikiran di Kalangan Umat Islam Sejak Masa Nabi Muhammad SAW sampai Akhir Masa Umayya, (Cirebon:IAIN Cirebon, 1967).
Azra, Azyumardi, Islam Substantif:Agar Umat Islam Tidak Menjadi Buih, (Bandung:Mizan, 1421 H./2000), cet. I.
-------, Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII, (Bandung:Mizan, 1995), cet. III.
------, Islam in The Indonesian World An Account of Institutional Formation, (Bandung:Mizan, 1995), cet. III.
------, Islam Nusantara, (Bandung:Mizan, 1423 H./2002 M.).
Bahesty, Muhammad Husaini, Intisari Islam:Kajian Komprehensif tentang Hikmah Ajaran Islam, (Jakarta:Lentera, 1424 H./2003 M.), cet. I. Esposito, John L., Islam the Straight Path, (Islam Jalan Lurus), (Jakarta:Paramadina, 2004), cet. I.
Fuaduddin & Cik Hasan Basri (ed.), Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi Wacana tentang Pendidikan Agama Islam, (Jakarta:Logos Wacana Ilmu, 1420 H./1999 M.), cet. I.
Hawa, Said, Islam, (terj.) Abdul Hayyie al-Kattani, dari judul asli al-Islam, (Jakarta:Gema Insani, 1414 H./1993 M.).
Hamid, Syamsul Rijal, Buku Pintar Agama Islam, (Bogor:Salam, 1424 H./2003), cet. XIII.
Hamka, Pelajaran Agama Islam, (Jakarta:Bulan Bintang, 1978), cet. VI.
Hanafi, Theology Islam, (Imu Kalam), (Jakarta:Bulan Bintang, 1986), cet. VI.
Nasution, Harun, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya Jilid I dan II, (Jakarta:UI Press, 1979).
Nata, Abuddin, Metodologi Studi Islam, (Jakarta:RajaGrafindo Persada, 2003), cet. VIII.
-----------, Studi Islam Komprehensif (Bahan Kajian Keislaman untuk Perguruan Tinggi Agama dan Umum, (Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011).
------------,Al-Qur’an dan Hadis, (Dirasat Islamiyah I), (Jakarta:RajaGrafindo Persada, 1996), cet. V.
-----------, Integrasi Ilmu-ilmu Agama dan Ilmu Umum, (Jakarta:UIN Jakarta Press, 2003), cet. I.
-----------, Peta Keragaman Pemikiran Islam di Indonesia, (Jakarta:RajaGrafindo Persada, 2005), cet. I.
Pulungan, J. Suyuthi, Universalisme Islam, (Jakarta:Moyo Segoro Agung, 2002), cet. I.
Razak, Nasruddin, Dienul Islam, (Bandung:Al-Ma’arif, 1977), cet. I.
Renard, John, Windows on The House of Islam:Muslim Source on Spirituality and The Religious Life, (Berkeley, Los Angeles, London: University of California Press, 1998).
----------, Seven Doors to Islam: Spirituality and The Religious Life of Muslim, (Berkeley, Los Angeles, London:University of California Press, 1996).
Stoddard, L., Dunia Baru Islam, (Jakarta:Pustaka Penerbitan, 1996), cet. I.
Syihab, M. Quraish. Membumikan Al-Qur’an Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, (Bandung:Mizan, 1996), cet. XII. ----------, Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat, (Bandung:Mizan, 1996), cet. III.
Syaltout, Al-Islam Aqidah wa Syari’ah, (Mesir: Dar al-Ma’arif, 1986), cet.I
----------, Min Taujihat al-Islam, (Mesir: Dar al-Ma’arif, 1986), cet. I.
Jakarta, 28 Agustus, 2018
Prof. Dr.H. Abuddin Nata, M NIP. 195408021985031002
|