Nama Mata Kuliah : Pengembangan Profesi Keguruan Kode : Program Studi/Smt : Bobot : 2SKS Hari : Kamis, Waktu : Pukul 09.30-10.50 Lokal : 01-FITKK. 3.19 Kelas : 5 A/Bilingual Tujuan : Memberikan pemahaman yang komprehensif tentang Islam dan ilmu pengetahuan dengan berbagai aspeknya:ruang lingkup, metode kedudukan dan fungsinya bagi masyarakat. Indikator Kemampuan : Memperoleh pengertian dan pemahaman yang komprehensif tentang: 1. Pengembangan Profesi Keguruan 2. Pengembangan Kode Etik Profesi Keguruan 3. Pengembangan Kompeteni Profesi Keguruan 4. Program Pengembangan Kompetensi Profesi Keguruan 5. Pengembangan Keterampilan Dasar Guru dalam Kegiatan Belaja 6. Pengembangan Etos Kerja Keguruan 7. Pengembangan Keterampilan Melaksanakan Model Pembelajaran Efektif 8. Pengembangan Teori dan Praktek Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) 9. Pengembangan Teori dan Praktek Pembelajaran dengan Model Quantum Teaching 10. Pengembangan Teori dan Praktek Pembelajaran dengan Model Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) 11. Pengembangan Kurikulum Tahun 2013; 12. Pengembangan Teori dan Praktek Penguasaan Kelas; 13. Pengembangan Teori dan Praktek Penguasaan Kelas; 14. Pengembangan Model Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). 15. Pengembangan Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan; dan 16. Pengembangan Peningkatan Keterampilan Berfikir Peserta Didik
Approaches, Method and Task: Menggunakan pendekatan perpaduan (kolaborasi) antara yang berpusat pada mahasiswa dengan pendekatan yang berpusat pada dosen. Dengan demikian, metode yang digunakan antara campuran antara diskusi, seminar, penugasan, pemecahan masalah, laporan dan ceramah. Tugas-tugas: 1. Membaca sejumlah litetarur:rujuan:buku, artikel, ensiklopedi, al-Qur’an, al-hadis sesuai dengan topik yang dibahas. 2. Membuat makalah dengan ketentuan: (1)Isi makalah didukung literatur yang otoritatif dalam jumlah yang banyak (lebih dari 7 buku); (2)mengandung analisa yang objektif, kritis, komprehensif dan mendalam; (3)menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan baik; (4)menggunakan metode dan pendekatan penulisan ilmiah; (5)teliti dan rapi; (6)minimal 7 halam menggunakan kertas 4/A, diketik 1,5 spasi, ukuran huruf 11, (7)daftar pustaka; (8)makalah terdiri dari bagian pendahuluan, isi dan kesimpulan; dan (9) dikopi sejumlah mahasiswa di kelas. Sistem Evaluasi: 1. Evaluasi harian yang terdiri dari aktivitas di kelas dan luar kelas:pengajuan pertanyaan, memberikan penjelasan, jawaban, pemecahan masalah, membaca, menulis laporan dan sebagainya. 2. Evaluasi mingguan:aktivitas dalam menyampaikan resume hasil perkuliah dengan tulis tangan, umpan balik, responsi. 3. Evaluasi formativ yang terdiri dari membuat makalah, presentasi makalah, memberikan jawaban, menarik kesimpulan, dan sebagainya. 4. Ujian Tengah Smester setelah 7 atau 8 kali pertemuan dengan memberikan jawaban esay dan umpan balik. 5. Ujian Akhir Smester setelah 15 kali pertemuan dengan memberikan jawaban dalam bentuk essay dan umpan balik.
Kriteria Penilaian: Nilai pada setiap kegiatan sebagai berikut:
Untuk menentukan penilaian akhir digunakan ketentuan sebagai berikut.
Referensi: Abdullah Sani, Ridwan, Inovasi Pembelajaran, (Jakarta:Bumi Aksara, 2013), cet. I. Anwar, Kasful, dan Hendra Hasmi, Perencanaan Sistem Pembelajaran KTSP, (Bandung:Alfabeta, 2011). Arikunto, Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 1993)m cet. X. Asmani, Jamal Ma’mur, Great Teacher, (Yogyakarta: Diva Pressm 2004), cet. I. Dimyati dan Mudjino, Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: Departemen dan Rineka Cipta, 2006), cet. II. Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta:Renika Cipta, 2015), cet. I. Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta:Rineka Cipta, 2006), cet. III. Fadhillah, Muhammad, Disain Pembelajaran PAUD, (Jogjakarta:Ar Ruzz Media, 2011). Falah, Saiful, Guru adalah Ustadz adalah Guru, (Jakarta:Republikata, 2012). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Didaktika Islamika, Vol. XI, No. I, Juni, 2011. Karyadi, Suparland, dkk., Strategi Belajar dan Pembelajaran (Tangerang:Pustaja Mandiri, 2001), cet. I. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Tahun 2013. (Jakarta:Balai Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud, 2013). Khodijah, Peran Guru dalam Pembelajaran Kontruktivisme Pendidikan Agama Islam (PAI) (Jakarta:Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), 2017) Kurniati, Imas, & Berlin Sani, Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP (Rencna Pelaksanaan Pembelajara) Kurikulum Tahun 2013, (Tanpa Kota:Kata Pena, tp.th). Mulyoto, Strategi Pembelajaran di Era Kurikulum 2013, (Jakarta:Prestasi Pustaka, 2013), cet. I. Musfa, Jejen, Redisain Pendidikan Guru, Teori, Kebijakan dan Praktek, (Jakarta;Prenada Media Group, 2005), cet. I. Mulyasa, H.E., Guru dalam Implementasi Kurikulum Tahun 2013, (Jakarta:Remaja Rosdakarya, 2014). Nasution, S., Kurikulum & Pengajaran, (Jakarta:Bumi Aksara, 2012), cet. VIII. Nata, Abuddin, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, (Jakarta:Prenada Media Group, 2014), cet. III. ------------------, Menuju Sukses Sertifikasi Guru & Dosen, (Jakarta:Faza Media, 2009), cet. I. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, No. 74 Tahun 2008 tentang Guru, (Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2009). Uno, Hamzah, Model Pembelajaran Mengajar yang Inovatif dan Efektif, (Jakarta:Bumi Aksara, 2011), cet, VIII. Yusuf, Pawit M. Komunikasi Pendidikan dan Komunikasi Intruksional, (Bandung:Remaja Rosdakarya, 1990). Rukmana, Nana, Strategic Partnering for Educational Management, (Jakarta:Alfabeta, 2015). Setiawan, Beni, Agenda Pendidikan Nasional, (Jogjakarta:Ar Ruzz Media Group, 2008), cet. I. Sinamo, Jansen, Guru Etos Indonesia, 8 Etos Keguruan, (Jakarta:Gramedia, 2011), cet. I. Soetjipto dan Raflis Kosasi, Profesi Keguruan, (Jakarta:Rineka Cipta, 2009), cet. VII. Sobri, M., Sutikno. Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna, (Mataram:NTP Press, 2007). Sugiyanto, Model-model Pembelajaran Inovatif, (Surakarta:Yuma Pustaka, 2010), cet. II. Al-Wa’iy, Taufik Yusuf, Kekuatan Sang Murabbi, (Jakarta:Al-I’tisham Cahaya Umat, 2006), cet, III. Wibowo, Agus dan Hamrin, Menjadi Guru yang Berkarakter, (Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2012). Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (Jakarta:Novindo Pustaka Mandiri, 2009). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta:Novindo Pustaka Mandiri, 2009). Jakarta, 30 Agustus, 2016 Dosen Pengampu, Prof. Dr. H. Abuddin Nata, MA NIP. 195408021985031002 Email: abu_nata@yahoo.id Blog: abuddin.lec.uinjkt.ac.id HP. 081807579564 WA. O81362323574
|