SILABUS PENGEMBANGAN PROFESI KEGURUAN PADA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

Nama Mata Kuliah                  : Pengembangan Profesi Keguruan

Kode                                        : 

Program Studi/Smt                 :

Bobot                                      :  2SKS

Hari                                         : Kamis,

Waktu                                     :  Pukul 09.30-10.50

Lokal                                        : 01-FITKK. 3.19

Kelas                                       : 5 A/Bilingual

Tujuan                                     :  Memberikan pemahaman yang komprehensif tentang Islam dan ilmu pengetahuan dengan berbagai aspeknya:ruang lingkup, metode kedudukan dan fungsinya bagi masyarakat.

Indikator Kemampuan              : Memperoleh pengertian dan pemahaman yang komprehensif tentang:

1.  Pengembangan Profesi Keguruan

2. Pengembangan Kode Etik Profesi Keguruan

3. Pengembangan Kompeteni Profesi Keguruan

4. Program Pengembangan Kompetensi Profesi Keguruan

5. Pengembangan Keterampilan Dasar Guru dalam Kegiatan Belaja

6. Pengembangan Etos Kerja Keguruan

7. Pengembangan Keterampilan Melaksanakan Model Pembelajaran Efektif

8. Pengembangan Teori dan Praktek Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

9. Pengembangan Teori dan Praktek  Pembelajaran dengan Model  Quantum Teaching

10. Pengembangan Teori dan Praktek  Pembelajaran dengan Model  Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA)

11. Pengembangan Kurikulum Tahun 2013;

12. Pengembangan Teori dan Praktek Penguasaan Kelas;

13. Pengembangan Teori dan Praktek Penguasaan Kelas;

14. Pengembangan Model Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

15. Pengembangan Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan; dan

16. Pengembangan Peningkatan Keterampilan Berfikir Peserta Didik

 

No.

Judul

 

Hari/Tgl.

Penyaji

1.

Pengembangan Profesi Keguruan

 1.Pengembangan Pengertian Profesi Keguruan

2. Pengembangan Tujuan,

3.  Pengembangan Dasar Pemikiran dan

4. Pengembangan Ruang Lingkup

5.Tinjauan Acara Islam

 

 

Lecture:Abuddin Nata, Prof. Dr. MA.

2.

Pengembangan Kode Etik Profesi Keguruan

1.Pengembangan Pengertiann  Kode Etik

2.Pengembangan Kode  Etik Keguruan

3.Pengembangan Syarat-syarat Keguruan

4.Tinjauan Ajaran Islam

 

 

 

 

3.

Pengembangan Kompeteni Profesi Keguruan

 

 

1.Pengembangan Kompetensi Aspek Paedagogik

2.Pengembangan Kompetensi Aspek Kepribadian

3.Pengembangan Kompetensi Aspek Sosial

4.Kompetensi Kompetensi Aspek Akademik-Keilmuan/Profesional

 

 

 

 

 

 

4.

Program Pengembangan Kompetensi Profesi Keguruan

 

 

1.Pengembangan Model Pendidikan Guru

2.Pengembangan  Profesi Guru Melalui Pengembangan Organisasi Profesi

3.Pengembangan  Profesi Guru Melalui  Pengembangan Supervisi Pendidikan

4. Pengembangan Profesi Guru Melalui Pengembangan Sertifikasi

5.Pengembangan Profesi Guru  Melalui Pengembangan Kualifikasi

6.Pengembangan Profesi Guru  Melalui Pengembangan Pembinaan.

 

 

 

 

 

5.

Pengembangan Keterampilan Dasar Guru dalam Kegiatan Belajar

 

 

1. Pengembangan Membuka Pelajaran

2. Pengembangan Teknik dan Taktik Memotivasi

3. Pengembangan Teknik dan Taktik Appersepsi

4.Pengembangan Teknik  dan Taktik Mengeksplorasi/Menjelaskan

5. Pengembangan Teknik  dan Taktik Pertanyaan

6. Pengembangan  Teknik dan Taktik  Penguatan dan Umpan Balik

7. Pengembangan Teknik dan Taktik Menyimpulkan

8. Pengembangan Teknik dan Taktik  Menutup Pelajaran

9. Pengembangan Penampilan (Kostum, gestur tubuh, mak up, perfume, sepatu, nada suara, kerlingan mata, pembagian perhatian)

 

 

 

 

 

 

 

6.

Pengembangan Etos Kerja Keguruan

 

1.Pengertian dan Tujuan

2.Pengembangan Macam-macam Etos Kerja Guru: Sebagai Rahmat, Amanah, Panggilan Jiwa, Aktualisasi Diri, Ibadah, Seni, Kehormatan dan Pelayanan.

3.Tinjauan Ajaran  Islam

 

 

 

 

 

 

7.

Pengembangan Keterampilan Melaksanakan Model Pembelajaran Efektif

 

 

.

 

.

1.Pengertian dan Tujuan

2.Pengembangan Prinsip-prinsip ( Memperhatikan perbedaan individu, melibatkan, dan menggerakkan)

3. Pengembangan Kegiatan:memotivasi, aktivitas, taksonomi belajar, aktivitas belajar, strategi belajar.

 

 

 

 

 

 

8.

UTS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9.

Pengembangan Teori dan Praktek Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

 

 

1.Pengertian, Tujuan, dan Landasan

2. Pengembangan Rencana Pengajaran dengan Cara PBL

3. Pengembangan Simulasi/Praktek PBL

4.Tinjauan Ajaran Islam

 

 

 

10.

Pengembangan Teori dan Praktek  Pembelajaran dengan Modl  Quantum Teaching

 

 

 

1.Pengertian, Tujuan, dan Landasan

2. Pengembangan Rencana Pengajaran dengan Cara Quantum Teaching

3. Pengembangan Simulasi/Praktek Quantum Teaching

4.Tinjauan Ajaran Islam

 

 

 

 

 

 

11.

Pengembangan Teori dan Praktek  Pembelajaran dengan Model  Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA)

 

 

1.Pengertian, Tujuan, dan Landasan

2. Pengembangan Rencana Pengajaran dengan Cara Belajar Siswa Aktif

3. Pengembangan Simulasi/Praktek Mengajar dengan CBSA

4.Tinjauan Ajaran Islam

 

 

 

 

 

 

12.

Pengembangan Kurikulum Tahun 2013

 

 

1.Pengertian, Landasan dan Tujuan K-13

2.Pengembangan Berbagai Komponen K-13:Strategi dan Pendekatan Pembelajaran, lingkungan, pembelajaran berbasis masyarakat, pembelajaran berbasis kewirausahaan;

3.Pengembangan Penerapan Discovery Learning, Inquiry;

4.Pengembangan Autentik Assesment

5.Tinjauan Ajaran Islam

 

 

 

 

 

 

13.

Pengembangan Teori dan Praktek Penguasaan Kelas

 

 

1.Pengertian, Landasan dan Ruang Lingkup

2. Pengembangan Pengaturan tempat duduk, penggunaan berbagai fasilitas, dan sebagainya.

3.Pengembangan Pengaturan bertanya;

4.Tinjauan Ajaran Islam

 

 

 

 

 

14.

Pengembangan Teori dan Praktik Bimbingan  (Guidance) dan Konseling  (Counselling)

 

1.Pengertian, Landasan dan Tujuan

2. Pengembangan Prinsip-prinsip/Asas-asas

3. Pengembangan Praktek Layanan Bimbingan

4.Pengembangan Praktek Layanan Konseling

5.Tinjauan Ajaran Islam

 

 

 

 

 

 

15.

Pengembangan Model Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

 

1.Pengertian, Landasan dan Tujuan

2.Pengembangan Syarat-syarat Pendidik pada PAUD

3.Pengembangan Model-model Pembelajaran pada PAUD: Kooperatif, Tematik, Multiple Ontellegence, dan sebagainya.

4.Tinjuan Ajaran Islam

 

 

 

 

 

16.

Pengembangan Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan

 

1.Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup

2.Pengembangan Prinsip-prinsip

3.Pengembangan Macam-macam dan Contoh Evaluasi Pendidikan;

4.Tinjauah Ajaran Islam

 

 

 

 

 

 

17.

Pengembangan Peningkatan Keterampilan Berfikir Peserta Didik

1.Pengertian, Landasan dan Tujuan

2. Pengembangan Model Berfikir: Kritis, Reflektif, Positif, Dialektik, Induktif dan Deduktif)

3. Pengembangan Proses Pemecahan Masalah

4.Pengembangan Cara Meningkatkan Kemampuan Berfikir;

5. Tinjauan Ajaran Islam

 

 

18.

UAS

 

 

 

 

Approaches, Method and Task:

Menggunakan pendekatan perpaduan (kolaborasi) antara yang berpusat pada mahasiswa dengan pendekatan yang berpusat pada dosen. Dengan demikian, metode yang digunakan antara campuran antara  diskusi, seminar, penugasan, pemecahan masalah, laporan dan ceramah.

Tugas-tugas:

1. Membaca sejumlah litetarur:rujuan:buku, artikel, ensiklopedi, al-Qur’an, al-hadis sesuai dengan topik yang dibahas.

2. Membuat makalah dengan ketentuan: (1)Isi makalah didukung literatur yang otoritatif dalam jumlah yang banyak (lebih dari 7 buku); (2)mengandung analisa yang objektif, kritis, komprehensif dan mendalam; (3)menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan baik; (4)menggunakan metode dan pendekatan penulisan ilmiah; (5)teliti dan rapi; (6)minimal 7 halam menggunakan kertas 4/A, diketik 1,5 spasi, ukuran huruf 11, (7)daftar pustaka; (8)makalah terdiri dari bagian pendahuluan, isi dan kesimpulan; dan (9) dikopi sejumlah mahasiswa di kelas.

Sistem Evaluasi:

1.        Evaluasi harian yang terdiri dari aktivitas di kelas dan luar kelas:pengajuan pertanyaan, memberikan penjelasan, jawaban, pemecahan masalah, membaca, menulis laporan dan sebagainya.

2.        Evaluasi mingguan:aktivitas dalam menyampaikan resume hasil perkuliah dengan tulis tangan, umpan balik, responsi.

3.        Evaluasi formativ yang terdiri dari membuat makalah, presentasi makalah, memberikan jawaban, menarik kesimpulan, dan sebagainya.

4.        Ujian Tengah Smester setelah 7 atau 8 kali pertemuan dengan memberikan jawaban esay dan umpan balik.

5.        Ujian Akhir Smester setelah 15 kali pertemuan dengan memberikan jawaban dalam bentuk essay dan umpan balik.

 

Kriteria Penilaian:

 Nilai pada setiap kegiatan sebagai berikut:

Nilai

Bobot

Tingkatan Nilai

A

4

Lebih dari 80

B

3

70-79

C

2

58-69

D

1

48-57

E

0

Kurang lebih 47

 

 

Untuk menentukan penilaian akhir digunakan ketentuan sebagai berikut.

 

No.

 Aspek Penilaian

Prosentase

1.

Presentasi dan Umpan Balik

10%

2.

 Partisipasi dan kompetensi akademik.

10%

3.

Tugas-tugas Mandiri dan Umpan Balik.

10%

4.

Ujian Tengah Semester

30%

5.

Ujian Akhir Smester

40%

 

Referensi:

Abdullah Sani, Ridwan, Inovasi Pembelajaran, (Jakarta:Bumi Aksara, 2013), cet. I.

Anwar, Kasful, dan Hendra Hasmi, Perencanaan Sistem Pembelajaran KTSP, (Bandung:Alfabeta, 2011).

Arikunto, Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 1993)m cet. X.

Asmani, Jamal Ma’mur, Great Teacher, (Yogyakarta: Diva Pressm 2004), cet. I.

Dimyati dan Mudjino, Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: Departemen dan Rineka Cipta, 2006), cet. II.

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta:Renika Cipta, 2015), cet. I.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta:Rineka Cipta, 2006), cet. III.

Fadhillah, Muhammad, Disain Pembelajaran PAUD, (Jogjakarta:Ar Ruzz Media, 2011).

Falah, Saiful,  Guru adalah Ustadz adalah Guru, (Jakarta:Republikata, 2012).

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah  Jakarta, Didaktika Islamika, Vol. XI, No. I, Juni, 2011.

Karyadi, Suparland, dkk., Strategi Belajar dan Pembelajaran (Tangerang:Pustaja Mandiri, 2001), cet. I.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Tahun 2013. (Jakarta:Balai Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud, 2013).

Khodijah, Peran Guru dalam Pembelajaran Kontruktivisme Pendidikan Agama Islam (PAI) (Jakarta:Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), 2017)

Kurniati, Imas, & Berlin Sani, Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP (Rencna Pelaksanaan Pembelajara) Kurikulum Tahun 2013, (Tanpa Kota:Kata Pena, tp.th).

Mulyoto, Strategi Pembelajaran di Era Kurikulum 2013, (Jakarta:Prestasi  Pustaka, 2013), cet. I.

Musfa, Jejen, Redisain Pendidikan Guru, Teori, Kebijakan dan Praktek, (Jakarta;Prenada Media Group, 2005), cet. I.

Mulyasa, H.E., Guru dalam Implementasi Kurikulum Tahun 2013, (Jakarta:Remaja Rosdakarya, 2014).

Nasution, S., Kurikulum & Pengajaran, (Jakarta:Bumi Aksara, 2012), cet. VIII.

Nata, Abuddin, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, (Jakarta:Prenada Media Group, 2014), cet. III.

------------------, Menuju Sukses Sertifikasi Guru & Dosen, (Jakarta:Faza Media, 2009), cet. I.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, No. 74 Tahun 2008 tentang Guru, (Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2009).

Uno, Hamzah, Model Pembelajaran Mengajar yang Inovatif dan Efektif, (Jakarta:Bumi Aksara, 2011), cet, VIII.

Yusuf, Pawit M. Komunikasi Pendidikan dan Komunikasi Intruksional, (Bandung:Remaja Rosdakarya, 1990).

Rukmana, Nana, Strategic Partnering for Educational Management, (Jakarta:Alfabeta, 2015).

Setiawan, Beni, Agenda Pendidikan Nasional, (Jogjakarta:Ar Ruzz Media Group, 2008), cet. I.

Sinamo, Jansen, Guru Etos Indonesia, 8 Etos Keguruan, (Jakarta:Gramedia, 2011), cet. I.

Soetjipto dan Raflis Kosasi, Profesi Keguruan, (Jakarta:Rineka Cipta, 2009), cet. VII.

Sobri, M., Sutikno. Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna, (Mataram:NTP Press, 2007).

Sugiyanto, Model-model Pembelajaran Inovatif, (Surakarta:Yuma Pustaka, 2010), cet. II.

Al-Wa’iy, Taufik Yusuf, Kekuatan Sang Murabbi, (Jakarta:Al-I’tisham Cahaya Umat, 2006), cet, III.

Wibowo, Agus dan Hamrin, Menjadi Guru yang Berkarakter, (Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2012).

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (Jakarta:Novindo Pustaka Mandiri, 2009).

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta:Novindo Pustaka Mandiri, 2009).

                                                                                                                Jakarta,  30 Agustus, 2016

                                                                                                                Dosen Pengampu,

                                                                                                                Prof. Dr. H. Abuddin Nata, MA

NIP. 195408021985031002

                                                                                                                Email: abu_nata@yahoo.id

                                                                                                                Blog: abuddin.lec.uinjkt.ac.id

                                                                                                                HP. 081807579564

                                                                                                                WA. O81362323574

 

ĉ
Prof. Dr. Abuddin Nata, MA,
Aug 14, 2017, 7:09 PM
ĉ
Prof. Dr. Abuddin Nata, MA,
Aug 14, 2017, 7:09 PM
Comments