STUDI ISLAM

RENCANA PROGRAM PENGAJARAN (RPP)

MATA KULIAH  STUDI ISLAM

PROGRAM STRATA 1 (S1) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN (FITK)

UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

 

 

I.Umum

Nama Mata Kuliah

:

Studi Islam

Kode Mata Kuliah

:

SAG 2001

Bobot

:

4 SKS

Hari/Jam

:

Senin, 13.30-15.10 dan Selasa, 07.30-09.10

Semester / Kelas

:

1/B

Jurusan/Program Studi

:

Pendidikan Agama Islam

Ruang

:

01-FITK-3.19

Mata Kuliah Prasyarat

:

1.       Membaca dan Menerjemahkan Al-Qur’an Tingkat Dasar

2.       Memahami Dasar-dasar tentang Akidah, Ibadah, Syari’ah, dan Sejarah Islam

Dosen

:

Prof. Dr. H. Abuddin Nata, MA.

Standar Kompetensi

:

Mengetahui, memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam secara komprehensif, holistik, progressif, dan kontekstual, sejalan dengan nilai-nilai kebangsaan Indonesia.

Kompetensi Dasar

:

Mendeskripsikan pengertian studi Islam, sumber, prinsip-prinsip, visi, misi, tujuan, sasaran, karakteristik, pokok-pokok ajaran Islam, serta ruang lingkup ajaran Islam secara komprehensif, holistik, progresif dan kontekstual sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia.

Hasil Belajar

:

1.       Menjelaskan pengertian pengertian, sumber, prinsip-prinsip, visi, misi, tujuan, sasaran dan karakteristik ajaran Islam.

2.       Mengidentifikasi pokok-pokok ajaran Islam.

3.       Memahami, meghayati, dan mengamalkan berbagai aspek ajaran Islam.

Indikator

:

Setelah menyelesaikan seluruh materi perkuliahan ini, para mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan

1.       Menjelaskan pengertian, tujuan, ruang lingkup dan metode mempelajari mempelajaran ajaran Isla

2.       .Menyebutkan sumber-sumber ajaran Islam dan penjelasannya.

Menjelasan prinsip-prinsip ajaran Islam disertai dalil al-Qur’an dan al-Sunnah serta contohnya.

4.       Menjelaskan visi, misi, tujuan dan sasaran ajaran Islam.

5.       Menyebutkan karakteristik ajaran Islam disertai penjelasannya dengan dalil al-Qur’an, al-Sunnah dan hasil ijtihad.

6.       Menjelaskan pokok-pokok ajaran Islam dengan contoh dan dalilnya yang meyakinkan.

7.       Menjelaskan tentang Ilmu-ilmu Al-Qur’an dan penerapannya dalam penafsiran al-Qur’an.

8.       Menjelasan tentang Ilmu-ilmu Hadis dan penerapannya dalam menjelaskan al-hadis.

9.       Menjelaskan aspek ajaran Islam tentang Akidah (Ilmu Kalam) disertai dalil al-Qur’an, al-hadis dan sejarah.

10.    Menjelaskan aspek ajaran Islam tentang Fiqh (Hukum Islam) disertai dalil al-Qur’an, al-hadis dan sejarah.

11.    Menjelaskan aspek ajaran Islam tentang filsafat disertai dalil al-Qur’an, al- hadis, dan sejarah.

12.    Menjelaskan aspek ajaran Islam tentang tasawuf disertai dalil al-Qur’an, al-hadis dan sejarah.

13.    Menjelaskan aspek ajaran Islam tentang Sejarah dan Peradaban disertai dalil al-Qur’an, al-hadis, dan rasio.

14.    Menjelaskan aspek ajaran Islam tentang Pendidikan disertai dalil al-Qur’an, al-Hadis, rasio dan sejarah.

15.    Menjelaskan aspek ajaran Islam tentang Dakwah diserati dalil al-Qur’an, al-hadis, rasio dan sejarah.

16.    Menjelaskan konsepsi Islam tentang Ilmu Pengetahuan (Sains) dan Teknologi;

17.    Menjelaskan konsepsi Islam tentang Ilmu Kedokteran dan Farmakologi;

18.    Menjelaskan konsepsi Islam tentang Ilmu Ekonomi;

19.    Menjelaskan konsepsi Islam tentang Ilmu Sosial dan Politik;

20.    Menjelaskan konsepsi Islam tentang Ilmu Psikologi;

21.    Menjelaskan Dinamika Pemikiran Islam di Indonesia;

22.    Menjelaskan kajian Islam di Barat

23.    Menjelaskan cara menyikapi perbedaan pendapat dalam Islam disertai argumentasinya yang komprehensif dan mendalam.

24.    Menjelaskan Islam dan tantangan globalisasi

25.    Menjelaskan Pembaharuan dalam Islam

26.    Menjelaskan Islam dan isu-isu kontemporer tentang demokrasi dan toleransi.

27.    Menjelaskan Islam dan isu-isu kontemporer tentang hak-hak asasi manusia dan multikultural.

 

 

 

 

 

II.Deskripsi Mata Kuliah

Bahasan utama maka kuliah ini adalah: 1)pengertian Islam; 2)sumber-sumber ajaran Islam; 3)Prinsip-prinsip ajaran Islam; 4)Visi, misi, tujuan dan sasaran ajaran Islam; 5)karakteristik ajaran Islam; 6)pokok-pokok ajaran Islam; 7)ilmu-ilmu al-Qur’an, 8)Ilmu-ilmu hadis; 9)aspek ajaran Islam tentang Kalam (Teologi); 10)Aspek ajaran Islam tentang Fiqh; 11)Aspek ajaran Islam tentang filsafat Islam; 12)Aspek ajaran Islam tentang tasawuf; 13)Aspek ajaran Islam tentang sejarah dan peradaban Islam; 14)Aspek ajaran Islam tentang Pendidikan; 15)Aspek ajaran Islam tentang dakwah, 16)Konsepsi Islam tentang ilmu pengetahuan (sains) dan teknologi; (17)Konsepsi Islam tentang Ilmu Kedokteran;  (18)Konsepsi Islam tentang Ilmu Ekonomi; (19)Konsepsi Islam tentang Ilmu Sosial dan Politik; (20)Konsepsi Islam tentang Ilmu Psikologi; (21)Dinamika Pemikiran Islam; (22) Pembaharuan dalam Islam; (23)Cara menyikapi perbedaan pendapat menurut Islam,  (24)Kajian Islam di Barat, (25)Islam dan Isu-isu Kontemporer I (Demokrasi dan Toleransi), dan (26)Islam dan Isu-isu Kontemporer (Hak-hak Asasi Manusia dan Multikultural).

 

III.Tujuan Perkuliahan:

Agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mendalam, komprehensif dan holistik tentang materi pengantar studi Islam serta mampu menganalisanya secara kritis dan obyektif serta menarik kesimpulan secara utuh dan mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya serta menerapkannya sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan Indonesia.

 

IV.Materi Perkuliahan:

1.       Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup dan Metode Mempelajar  Ajaran Islam.

2.       Sumber-sumber Ajaran Islam dan Penjelasannya.

3.       Prinsip-prinsip Ajaran Islam disertai dalil al-Qur’an dan al-Sunnah serta Contohnya.

4.       Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Ajaran Islam.

5.       Karakteristik Ajaran Islam.

6.       Pokok-pokok Ajaran Islam dengan Contoh dan Dalilnya.

7.       Ilmu-ilmu Al-Qur’an.

8.       Ilmu-ilmu Hadis.

9.       Aspek ajaran Islam tentang Akidah (Ilmu Kalam)

10.    Aspek ajaran Islam tentang Fiqh (Hukum Islam).

11.    Aspek ajaran Islam tentang filsafat.

12.    Aspek ajaran Islam tentang Tasawuf.

13.    Aspek ajaran Islam tentang Sejarah dan Peradaban.

14.    Konsepsi Islam tentang Ilmu Pendidikan

15.    Konsepsi Islam tentang Dakwah

16.    Konsepsi Islam tentang Ilmu Pengetahuan (Sains) dan Teknologi.

17.    Konsepsi Islam tentang Ilmu Kedokteran dan Farmakologi.

18.    Konsepsi Islam tentang Ilmu Ekonomi.

19.    Konsepsi Islam tentang Ilmu Sosial dan Politik.

20.    Konsepsi Islam tengtang Ilmu Psikologi.

21.    Dinamika Pemikiran Islam di Indonesia.

22.    Menyikapi Perbedaan Pendapat dalam Islam.

23.    Kajian Islam di Barat.

24.    Aspek Pembaharuan dalam Islam

25.    Islam dan tantangan Era Globalisasi

26.    Islam dan Isu-isu Kontemporer I (Demokrasi dan Toleransi)

27.    Islam dan Isu-isu Kontempoer II (Hak-hak Asasi Manusia dan Multikultural)

 

 

 

No.

Judul/Pokok Bahasan

Hari/Tgl.

Penyaji

1.

Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup dan Metode Mempelajari Ajaran Islam

Senin, 3 September, 2018

Prof.Dr.H.Abuddin Nata, MA,

2.

Pengertian Ajaran Islam, Tujuan dan Aspek-aspeknya

Selasa, 4 September, 2018

 

 

3.

Sumber-sumber Ajaran Islam dan Penjelasannya

Senin, 10 September, 2018

 

 

4.

Prinsip-prinsip Ajaran  Islam

Seasa, 11 September, 2018

 

5.

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Ajaran Islam

Senin, 17 September, 2018

 

6.

Karakteristik Ajaran Islam

Selasa, 18 September 2018

 

7.

Pokok-pokok Ajaran Islam dengan Contoh dan Dalilnya

Senin,1  Oktober 2018

 

8.

Ilmu-ilmu Al-Qur’an (Ulum al-Qur’an)

Selasa, 2 Oktober 2018

 

9.

Midle-Smester

Senin, 8 Oktober, 2018

 

10.

Ilmu-ilmu Hadis (Ulum al-Hadis)

Selasa, 9 Oktober, 2018

 

11.

Aspek Ajaran Islam tentang Akidah (Ilmu Kalam)

Senin, 15 Oktober, 2018

 

12.

Aspek Ajaran Islam tentang Fiqih (Hukum Islam)

Selasa, 16 Oktober 2018

 

13.

Aspek Ajaran Islam tentang Filsafat

Senin, 22 Oktober, 2018

 

14.

Aspek Ajaran Islam tentang Tasawuf

Selasa, 23 Oktober, 2018

 

15.

Aspek Ajaran Islam tentang Sejarah dan Peradaban

Senin, 29 Oktober 2018

 

16.

Ujian Tengah Semester

 

Selasa, 30  Oktober 2018

 

17.

Aspek Ajaran Islam tentang Pendidikan

Senin, 5 November 2018

 

18.

Aspek Ajaran Islam tentang Dakwah

Selasa, 6 November 2018

 

19.

Aspek Ajaran Islam tentang Ilmu Pengetahuan (Sains) dan Teknologi

Senin, 12 November 2018

 

20.

Aspek Ajaran Islam tentang Kedokteran dan Farmakologi.

Selasa, 13 November 2018

 

21.

Konsepsi Islam tentang Ilmu Ekonomi

Senin, 19 November, 2018

 

22.

Konsepsi Islam tengtang  Ilmu Sosial dan Politik

Senin, 26 November, 2018

 

23.

Dinamika Pemikiran Islam tentang Imu Psikologi

Selasa, 27 November, 2018

 

24.

Dinamikan Pemikiran Islam di Indonesia

Senin, 3 Desember, 2018

 

25.

Menyikapi Perbedaan Pendapat dalam Islam

Selasa, 4 Desember, 2018

 

26.

Kajian Islam di Barat

Senin, 10 Desember, 2018

 

27.

Islam dan tantangan Era Globalisasi

Selasa, 11 Desember, 2018

 

28.

Islam dan Isu-isu Kontemporer (Demokrasi dan Toleransi)

Senin, 17 Desember, 2018

 

29.

Islam dan Isu-isu Kontempoer (Hak-hak Asasi Manusia dan Multikultural)

Selasa, 18 Desember2018

 

30.

Aspek Pembaharuan dalam Islam

Senin, 24 Desember, 2018

 

31.

Ujian Akhir Semester

Selasa 1 Januari, 2018

 

 

 

V.Pendekatan dan Metode:

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatann belajar orang dewasa dengan berdasarkan pada asumsi, bahwa peserta didik telah memiliki bekal pengetahuan dasar yang memadai untuk didorong dengan kemampuan dan kreatifitasnya sendiri mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Dengan demikian pendekatan pembelajaran berbasis pada perpaduan antara ceramah, diskusi, penugasan, pembelajaran berbasis pada perpaduan antara ceramah, diskusi, penugasan, pelaporan, dengan memberikan peran dan peluang yang lebih besar kepada mahasiswa.

Berdasarkan pada pendekatan tersebut, strategi yang ditempuh sebagai berikut.

1.       Perkuliahan perdana dengan metode ceramah, tanya jawab dan dialog, dipergunakan untuk memberikan orientasi dan kontrak perkuliahan yang hendak dilakukan bersama (dosen dan mahasiswa).

2.       Pertemuan kedua dan seterusnya sampai akhir perkuliahan, metode yang digunakan adalah diskusi, seminar, tanya jawab dan penugasan.

3.       Setiap mahasiswa diwajibkan membuat makalah dan mempresentasikannya dalam bentuk power point baik secara individual maupun kolektif untuk didikskusikan setiap kali pertemuan.

 

Degan demikian, mahasiswa tidak hanya aktif dalam forum perkuliahan, melainkan juga dibiasakan untuk mempersiapan diri sedini mungkin mempersiapkan makalah pada setiap kali pertemuan.

 

VI.Kriteria Penilaian

Penilaian akan dilakukan dengan menggunakan kriteria sebagai berikut.

Nilai

Poin

Rentang Nilai

A

4

Lebih kurang 80

B

3

70-79

C

2

58-69

D

1

48-57

E

0

Kurang lebih 47

 

Dalam menentukan nilai akhir akan digunakan pembobotan sebagai berikut:

No.

Aspek yang dinilai

Persentase

1.

Kehadiran

10%

2.

Partisipasi dan Kemampuan Akademik

10%

3.

Tugas Individual

10%

4.

Evaluasi Tengah Semester

30%

5.

Evaluasi Akhir Semester

40%

 

VII.Buku Sumber

 

Ahmad, Ziauddin, Influence of Islam on World Civilization, (Delhi:Adam Publisher & Distributor, 1996), cet. I.

 

Ahmed, Akbar, Discovery Islam Sense of Muslim History and Society, (London & New Yorks, 2003), cet. I.

 

Ali, Syed Ameer, Api Islam (terj.) The Spirit of Islam, (Jakarta:Pembangunan, 1956), cet. I.

 

Ali, H.A. Mukti, Memahami Beberapa Aspek Ajaran Islam, (Bandung:Mizan, 1416 /1996), cet. III.

 

Ali, Maulana Muhamma, Islamologi (Dienul Islam), (Jakarta:Van Hoeve, 1978), cet. I.

 

Arifin, Jaenal, dkk., Kajian Islam Multidisipliner, (Jakara:UIN Jakarta Press, 2009).

 

Amin, Ahmad, Fajar Islam: Mengupas Perkembangan Pikiran di Kalangan Umat Islam Sejak Masa Nabi Muhammad SAW sampai Akhir Masa Umayya, (Cirebon:IAIN Cirebon, 1967).

 

Azra, Azyumardi, Islam Substantif:Agar Umat Islam Tidak Menjadi Buih, (Bandung:Mizan, 1421 H./2000), cet. I.

 

-------, Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII, (Bandung:Mizan, 1995), cet. III.

 

------, Islam in The Indonesian World An Account of Institutional Formation, (Bandung:Mizan, 1995), cet. III.

 

------, Islam Nusantara, (Bandung:Mizan, 1423 H./2002 M.).

 

Bahesty, Muhammad Husaini, Intisari Islam:Kajian Komprehensif tentang Hikmah Ajaran Islam, (Jakarta:Lentera, 1424 H./2003 M.), cet. I.

Esposito, John L., Islam the Straight Path, (Islam Jalan Lurus), (Jakarta:Paramadina, 2004), cet. I.

 

Fuaduddin & Cik Hasan Basri (ed.), Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi Wacana tentang Pendidikan Agama Islam, (Jakarta:Logos Wacana Ilmu, 1420 H./1999 M.), cet. I.

 

Hawa, Said, Islam, (terj.) Abdul Hayyie al-Kattani, dari judul asli al-Islam, (Jakarta:Gema Insani, 1414 H./1993 M.).

 

Hamid, Syamsul Rijal, Buku Pintar Agama Islam, (Bogor:Salam, 1424 H./2003), cet. XIII.

 

Hamka, Pelajaran Agama Islam, (Jakarta:Bulan Bintang, 1978), cet. VI.

 

Hanafi, Theology Islam, (Imu Kalam), (Jakarta:Bulan Bintang, 1986), cet. VI.

 

Nasution, Harun, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya Jilid I dan II, (Jakarta:UI Press, 1979).

 

Nata, Abuddin, Metodologi Studi Islam, (Jakarta:RajaGrafindo Persada, 2003), cet. VIII.

 

-----------, Studi Islam Komprehensif (Bahan Kajian Keislaman untuk Perguruan Tinggi Agama dan Umum, (Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011).

 

------------,Al-Qur’an dan Hadis, (Dirasat Islamiyah I), (Jakarta:RajaGrafindo Persada, 1996), cet. V.

 

-----------, Integrasi Ilmu-ilmu Agama dan Ilmu Umum, (Jakarta:UIN Jakarta Press, 2003), cet. I.

 

-----------, Peta Keragaman Pemikiran Islam di Indonesia, (Jakarta:RajaGrafindo Persada, 2005), cet. I.

 

Pulungan, J. Suyuthi, Universalisme Islam, (Jakarta:Moyo Segoro Agung, 2002), cet. I.

 

Razak, Nasruddin, Dienul Islam, (Bandung:Al-Ma’arif, 1977), cet. I.

 

Renard, John, Windows on The House of Islam:Muslim Source on Spirituality and The Religious Life, (Berkeley, Los Angeles, London: University of California Press, 1998).

 

----------, Seven Doors to Islam: Spirituality and The Religious Life of Muslim, (Berkeley, Los Angeles, London:University of California Press, 1996).

 

Stoddard, L., Dunia Baru Islam, (Jakarta:Pustaka Penerbitan, 1996), cet. I.

 

Syihab, M. Quraish. Membumikan Al-Qur’an Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, (Bandung:Mizan, 1996), cet. XII.

----------, Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat, (Bandung:Mizan, 1996), cet. III.

 

Syaltout, Al-Islam Aqidah wa Syari’ah, (Mesir: Dar al-Ma’arif, 1986), cet.I

 

----------, Min Taujihat al-Islam, (Mesir: Dar al-Ma’arif, 1986), cet. I.

 

 

                                                                                                     Jakarta,  28 Agustus, 2018

 

 

 

                                                                                                    Prof. Dr.H. Abuddin Nata, M

                                                NIP. 195408021985031002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PROGRAM PENGAJARAN (RPP)

MATA KULIAH  STUDI ISLAM

PROGRAM STRATA 1 (S1) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN (FITK)

UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

 

 

I.Umum

Nama Mata Kuliah

:

Studi Islam

Kode Mata Kuliah

:

SAG 2001

Bobot

:

4 SKS

Hari/Jam

:

Kamis, 09.20-11.00

Semester / Kelas

:

1/A

Jurusan/Program Studi

:

Pendidikan Bahasa Inggris

Ruang

:

01-FITK-3.19

Mata Kuliah Prasyarat

:

1.       Membaca dan Menerjemahkan Al-Qur’an Tingkat Dasar

2.       Memahami Dasar-dasar tentang Akidah, Ibadah, Syari’ah, dan Sejarah Islam

Dosen

:

Prof. Dr. H. Abuddin Nata, MA.

Standar Kompetensi

:

Mengetahui, memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam secara komprehensif, holistik, progressif, dan kontekstual, sejalan dengan nilai-nilai kebangsaan Indonesia.

Kompetensi Dasar

:

Mendeskripsikan pengertian studi Islam, sumber, prinsip-prinsip, visi, misi, tujuan, sasaran, karakteristik, pokok-pokok ajaran Islam, serta ruang lingkup ajaran Islam secara komprehensif, holistik, progresif dan kontekstual sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia.

Hasil Belajar

:

1.       Menjelaskan pengertian pengertian, sumber, prinsip-prinsip, visi, misi, tujuan, sasaran dan karakteristik ajaran Islam.

2.       Mengidentifikasi pokok-pokok ajaran Islam.

3.       Memahami, meghayati, dan mengamalkan berbagai aspek ajaran Islam.

Indikator

:

Setelah menyelesaikan seluruh materi perkuliahan ini, para mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan

1.       Menjelaskan pengertian, tujuan, ruang lingkup dan metode mempelajari mempelajaran ajaran Isla

2.       .Menyebutkan sumber-sumber ajaran Islam dan penjelasannya.

Menjelasan prinsip-prinsip ajaran Islam disertai dalil al-Qur’an dan al-Sunnah serta contohnya.

3.       Menjelaskan visi, misi, tujuan dan sasaran ajaran Islam.

4.       Menyebutkan karakteristik ajaran Islam disertai penjelasannya dengan dalil al-Qur’an, al-Sunnah dan hasil ijtihad.

5.       Menjelaskan pokok-pokok ajaran Islam dengan contoh dan dalilnya yang meyakinkan.

6.       Menjelaskan tentang Ilmu-ilmu Al-Qur’an dan penerapannya dalam penafsiran al-Qur’an.

7.       Menjelasan tentang Ilmu-ilmu Hadis dan penerapannya dalam menjelaskan al-hadis.

8.       Menjelaskan aspek ajaran Islam tentang Akidah (Ilmu Kalam) disertai dalil al-Qur’an, al-hadis dan sejarah.

9.       Menjelaskan aspek ajaran Islam tentang Fiqh (Hukum Islam) disertai dalil al-Qur’an, al-hadis dan sejarah.

10.    Menjelaskan aspek ajaran Islam tentang filsafat disertai dalil al-Qur’an, al- hadis, dan sejarah.

11.    Menjelaskan aspek ajaran Islam tentang tasawuf disertai dalil al-Qur’an, al-hadis dan sejarah.

12.    Menjelaskan aspek ajaran Islam tentang Sejarah dan Peradaban disertai dalil al-Qur’an, al-hadis, dan rasio.

 

 

 

 

 

II.Deskripsi Mata Kuliah

Bahasan utama maka kuliah ini adalah: 1)pengertian Islam; 2)sumber-sumber ajaran Islam; 3)Prinsip-prinsip ajaran Islam; 4)Visi, misi, tujuan dan sasaran ajaran Islam; 5)karakteristik ajaran Islam; 6)pokok-pokok ajaran Islam; 7)ilmu-ilmu al-Qur’an, 8)Ilmu-ilmu hadis; 9)aspek ajaran Islam tentang Kalam (Teologi); 10)Aspek ajaran Islam tentang Fiqh; 11)Aspek ajaran Islam tentang filsafat Islam; 12)Aspek ajaran Islam tentang tasawuf; 13)Aspek ajaran Islam tentang sejarah dan peradaban Islam; 14)Aspek ajaran Islam tentang Pendidikan; 15)Aspek ajaran Islam tentang dakwah, 16)Konsepsi Islam tentang ilmu pengetahuan (sains) dan teknologi; (17)Konsepsi Islam tentang Ilmu Kedokteran;  (18)Konsepsi Islam tentang Ilmu Ekonomi; (19)Konsepsi Islam tentang Ilmu Sosial dan Politik; (20)Konsepsi Islam tentang Ilmu Psikologi; (21)Dinamika Pemikiran Islam; (22) Pembaharuan dalam Islam; (23)Cara menyikapi perbedaan pendapat menurut Islam,  (24)Kajian Islam di Barat, (25)Islam dan Isu-isu Kontemporer I (Demokrasi dan Toleransi), dan (26)Islam dan Isu-isu Kontemporer (Hak-hak Asasi Manusia dan Multikultural).

 

III.Tujuan Perkuliahan:

Agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mendalam, komprehensif dan holistik tentang materi pengantar studi Islam serta mampu menganalisanya secara kritis dan obyektif serta menarik kesimpulan secara utuh dan mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya serta menerapkannya sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan Indonesia.

 

 

IV.Materi Perkuliahan:

1.       Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup dan Metode Mempelajar  Ajaran Islam.

2.       Sumber-sumber Ajaran Islam dan Penjelasannya.

3.       Prinsip-prinsip Ajaran Islam disertai dalil al-Qur’an dan al-Sunnah serta Contohnya.

4.       Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Ajaran Islam.

5.       Karakteristik Ajaran Islam.

6.       Pokok-pokok Ajaran Islam dengan Contoh dan Dalilnya.

7.       Ilmu-ilmu Al-Qur’an.

8.       Ilmu-ilmu Hadis.

9.       Aspek ajaran Islam tentang Akidah (Ilmu Kalam)

10.    Aspek ajaran Islam tentang Fiqh (Hukum Islam).

11.    Aspek ajaran Islam tentang filsafat.

12.    Aspek ajaran Islam tentang Tasawuf.

13.    Aspek ajaran Islam tentang Sejarah dan Peradaban.

 

 

No.

Judul/Pokok Bahasan

Hari/Tgl.

Penyaji

1.

Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup dan Metode Mempelajari Ajaran Islam

Kamis, 6 September September, 2018

Prof.Dr.H.Abuddin Nata, MA,

2.

Pengertian Ajaran Islam, Tujuan dan Aspek-aspeknya

 

Kamis, 13 September, 2018

 

 

3.

Sumber-sumber Ajaran Islam dan Penjelasannya

Kamis, 20  September, 2018

 

 

4.

Prinsip-prinsip Ajaran  Islam

 

Kamis, 27  September, 2018

 

 

5.

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Ajaran Islam

 

Kamis, 4 Oktober  2018

 

 

6.

Karakteristik Ajaran Islam

Kamis, 11  Oktober 2018

 

7.

Pokok-pokok Ajaran Islam dengan Contoh dan Dalilnya

Kamis, 18  Oktober 2018

 

8.

Ilmu-ilmu Al-Qur’an (Ulum al-Qur’an)

Kamis, 25  Oktober 2018

 

9.

Midle-Smester

Kamis, 1 November, 2018

 

10.

Ilmu-ilmu Hadis (Ulum al-Hadis)

Kamis, 8 November, 2018

 

11.

Aspek Ajaran Islam tentang Akidah (Ilmu Kalam)

Kamis, 15 November, 2018

 

12.

Aspek Ajaran Islam tentang Fiqih (Hukum Islam)

Kamis,22  November, 2018

 

13.

Aspek Ajaran Islam tentang Filsafat

Kamis, 29 November, 2018

 

14.

Aspek Ajaran Islam tentang Tasawuf

Kamis, 6 Desember, 2018

 

15.

Aspek Ajaran Islam tentang Sejarah dan Peradaban

Kamis, 13 Desember 2018

 

16.

Ujian Tengah Semester

 

Kamis, 20 Desember, 2018

 

 

V.Pendekatan dan Metode:

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatann belajar orang dewasa dengan berdasarkan pada asumsi, bahwa peserta didik telah memiliki bekal pengetahuan dasar yang memadai untuk didorong dengan kemampuan dan kreatifitasnya sendiri mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Dengan demikian pendekatan pembelajaran berbasis pada perpaduan antara ceramah, diskusi, penugasan, pembelajaran berbasis pada perpaduan antara ceramah, diskusi, penugasan, pelaporan, dengan memberikan peran dan peluang yang lebih besar kepada mahasiswa.

Berdasarkan pada pendekatan tersebut, strategi yang ditempuh sebagai berikut.

13.    Perkuliahan perdana dengan metode ceramah, tanya jawab dan dialog, dipergunakan untuk memberikan orientasi dan kontrak perkuliahan yang hendak dilakukan bersama (dosen dan mahasiswa).

14.    Pertemuan kedua dan seterusnya sampai akhir perkuliahan, metode yang digunakan adalah diskusi, seminar, tanya jawab dan penugasan.

15.    Setiap mahasiswa diwajibkan membuat makalah dan mempresentasikannya dalam bentuk power point baik secara individual maupun kolektif untuk didikskusikan setiap kali pertemuan.

 

Degan demikian, mahasiswa tidak hanya aktif dalam forum perkuliahan, melainkan juga dibiasakan untuk mempersiapan diri sedini mungkin mempersiapkan makalah pada setiap kali pertemuan.

 

VI.Kriteria Penilaian

Penilaian akan dilakukan dengan menggunakan kriteria sebagai berikut.

Nilai

Poin

Rentang Nilai

A

4

Lebih kurang 80

B

3

70-79

C

2

58-69

D

1

48-57

E

0

Kurang lebih 47

 

Dalam menentukan nilai akhir akan digunakan pembobotan sebagai berikut:

No.

Aspek yang dinilai

Persentase

1.

Kehadiran

10%

2.

Partisipasi dan Kemampuan Akademik

10%

3.

Tugas Individual

10%

4.

Evaluasi Tengah Semester

30%

5.

Evaluasi Akhir Semester

40%

 

VII.Buku Sumber

 

Ahmad, Ziauddin, Influence of Islam on World Civilization, (Delhi:Adam Publisher & Distributor, 1996), cet. I.

 

Ahmed, Akbar, Discovery Islam Sense of Muslim History and Society, (London & New Yorks, 2003), cet. I.

 

Ali, Syed Ameer, Api Islam (terj.) The Spirit of Islam, (Jakarta:Pembangunan, 1956), cet. I.

 

Ali, H.A. Mukti, Memahami Beberapa Aspek Ajaran Islam, (Bandung:Mizan, 1416 /1996), cet. III.

 

Ali, Maulana Muhamma, Islamologi (Dienul Islam), (Jakarta:Van Hoeve, 1978), cet. I.

 

Arifin, Jaenal, dkk., Kajian Islam Multidisipliner, (Jakara:UIN Jakarta Press, 2009).

 

Amin, Ahmad, Fajar Islam: Mengupas Perkembangan Pikiran di Kalangan Umat Islam Sejak Masa Nabi Muhammad SAW sampai Akhir Masa Umayya, (Cirebon:IAIN Cirebon, 1967).

 

Azra, Azyumardi, Islam Substantif:Agar Umat Islam Tidak Menjadi Buih, (Bandung:Mizan, 1421 H./2000), cet. I.

 

-------, Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII, (Bandung:Mizan, 1995), cet. III.

 

------, Islam in The Indonesian World An Account of Institutional Formation, (Bandung:Mizan, 1995), cet. III.

 

------, Islam Nusantara, (Bandung:Mizan, 1423 H./2002 M.).

 

Bahesty, Muhammad Husaini, Intisari Islam:Kajian Komprehensif tentang Hikmah Ajaran Islam, (Jakarta:Lentera, 1424 H./2003 M.), cet. I.

Esposito, John L., Islam the Straight Path, (Islam Jalan Lurus), (Jakarta:Paramadina, 2004), cet. I.

 

Fuaduddin & Cik Hasan Basri (ed.), Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi Wacana tentang Pendidikan Agama Islam, (Jakarta:Logos Wacana Ilmu, 1420 H./1999 M.), cet. I.

 

Hawa, Said, Islam, (terj.) Abdul Hayyie al-Kattani, dari judul asli al-Islam, (Jakarta:Gema Insani, 1414 H./1993 M.).

 

Hamid, Syamsul Rijal, Buku Pintar Agama Islam, (Bogor:Salam, 1424 H./2003), cet. XIII.

 

Hamka, Pelajaran Agama Islam, (Jakarta:Bulan Bintang, 1978), cet. VI.

 

Hanafi, Theology Islam, (Imu Kalam), (Jakarta:Bulan Bintang, 1986), cet. VI.

 

Nasution, Harun, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya Jilid I dan II, (Jakarta:UI Press, 1979).

 

Nata, Abuddin, Metodologi Studi Islam, (Jakarta:RajaGrafindo Persada, 2003), cet. VIII.

 

-----------, Studi Islam Komprehensif (Bahan Kajian Keislaman untuk Perguruan Tinggi Agama dan Umum, (Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011).

 

------------,Al-Qur’an dan Hadis, (Dirasat Islamiyah I), (Jakarta:RajaGrafindo Persada, 1996), cet. V.

 

-----------, Integrasi Ilmu-ilmu Agama dan Ilmu Umum, (Jakarta:UIN Jakarta Press, 2003), cet. I.

 

-----------, Peta Keragaman Pemikiran Islam di Indonesia, (Jakarta:RajaGrafindo Persada, 2005), cet. I.

 

Pulungan, J. Suyuthi, Universalisme Islam, (Jakarta:Moyo Segoro Agung, 2002), cet. I.

 

Razak, Nasruddin, Dienul Islam, (Bandung:Al-Ma’arif, 1977), cet. I.

 

Renard, John, Windows on The House of Islam:Muslim Source on Spirituality and The Religious Life, (Berkeley, Los Angeles, London: University of California Press, 1998).

 

----------, Seven Doors to Islam: Spirituality and The Religious Life of Muslim, (Berkeley, Los Angeles, London:University of California Press, 1996).

 

Stoddard, L., Dunia Baru Islam, (Jakarta:Pustaka Penerbitan, 1996), cet. I.

 

Syihab, M. Quraish. Membumikan Al-Qur’an Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, (Bandung:Mizan, 1996), cet. XII.

----------, Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat, (Bandung:Mizan, 1996), cet. III.

 

Syaltout, Al-Islam Aqidah wa Syari’ah, (Mesir: Dar al-Ma’arif, 1986), cet.I

 

----------, Min Taujihat al-Islam, (Mesir: Dar al-Ma’arif, 1986), cet. I.

 

 

                                                                                                     Jakarta,  28 Agustus, 2018

 

 

 

                                                                                                    Prof. Dr.H. Abuddin Nata, M

                                                NIP. 195408021985031002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ĉ
Prof. Dr. Abuddin Nata, MA,
Aug 28, 2018, 10:54 PM
Comments